Cara Ampuh Mengatasi Gusi Berdarah di Rumah

10

Jan

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Berdarah di Rumah

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Berdarah

Pernahkah kamu mengalami keadaan saat menggosok gigi tiba-tiba gusi kamu mengeluarkan darah? Ini merupakan hal yang wajar terjadi kepada tubuh. Namun jangan sepelekan karena efeknya akan berakibat fatal pada tubuh. Lalu apa tidakan pencegahan yang dapat dilakukan? Apa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi  gusi berdarah ini?

Cara Ampuh Mengatasi Gusi Berdarah

Sumber Alodokter.com

Dialnsir dari laman tanya pepsoden ada beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi berdarah yaitu :

  • Menggunakan sikat gigi yang lembut pada gigi. Sikat gigi yang lembut bukan berarti tidak mampu membersihkan gigi dengan bersih. Mebersihkan gigi tergantung dari cara menyikat gigi yang benar. selain itu sikat gigi yang mempunayi bulu sikat yang lembut biasanya memliki ukuran bulu yang lebih kecil dari pada sikat gigi normal sehingga memudahkan untuk menjangkau sela-sela gigi yang susah dijangkau oleh sikat gigi biasa.
  • Hindari penggunaan benang gigi jika tidak mengetahui cara memakainya dengan benar. penggunaan benang gigi sebenarnya sangat membantu dalam membersihkan gigi secara optimal. Namun jika teknik yang digunakan malah hanya akan membuat gusi berdarah.
  • Berkumur-kumur dengan air garam. Garam mempunyai kandungan nati inflamasi yang dapat menyembuhkan pendarahan. Ketika gusi kamu berdarah cukup campurkan satu sendok garam kedalam segelas air lalu berkumur-kumurlah. Air garam akan mengurangi infeksi dan pembengkakan yang terjadi pada gusi yang berdarah.
  • Menggunakan minyak kelapa dapat menjadi salah satu cara ampuh yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi berdarah. Kandungan kurkumin pada kunyit akan membantu meredakan pembengkakan gusi akibat peradangan dengan cepat. Cara pemakaiannya dengan yaitu cukup campurkan minyak kelapa dan bubuk kunyit sampai menjadi pasta. Oleskan ke daerah gusi yang berdarah lalu diamkan selama 15 menit , setelah itu kumur-kumur dengan air hangat.
  • Tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. Gigi sangat sensitif terhadap rasa dingin dan panas yang berlebihan. Saat terpapar kedua rasa tersebut akan bereaksi dengan muncul rasa ngilu pada gigi. Gigi yang mengalami sensitivitas akan berpengaruh pada gusi. Gusi juga akan rentan terhadap hal yang membuat gigi sensitif. Akibatnya gusi akan mudah mengalami peradangan yang akhirnya penyebabkan pendarahan.
  • Memenuhi vitamin c dan k yang diperlukan oleh tubuh. Menurut alodokter.com vitamin c dan k sangat dibutuhan oleh tubuh. Keberadaan vitamin k difungsikan untuk memeprcepat proses pembekuan darah. Jadi saat terjadi pendarahan akan diminimalisir darah yang keluar dari tubuh melalui luka. Fungsi dari vitamin c yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada gusi.
  • Saat terjadi peradangan apabila tidak mempunyai bubuk kunyit atau minyak kelapa. Es batu bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi gusi berdarah. Cukup kompreskan es batu ke gusi yang mengalami pendarahan untuk mencegah darah keluar dan meredakan peradangan pada gusi.
  • Melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali. Penting untuk memeriksakan gigi walaupun merasa gigi baik-baik saja. Kita perlu mengontrol kesehatan gigi dan gusi dan untuk mencegah pendarahan gusi terjadi. Terkadang gigi yang terlihat bersih masih bisa terdapat plak dibagian dalam gigi. Plak tidak hanya terdapat di bagian gigi luar namun juga di dalam gusi. Untuk mengetahui apakah gigi terbebas dari plak salah satunya dengan melakukan pemeriksaan.
  • Menghindari obat kumur yang mengadung alkohol. Kandungan alkohol dalam obat kumur akan berefek kepada mulut berupa mulut menjadi kering. Keseimbangan pada mulut akan terganggu untuk itu sebisa mungkin hindari penggunaan obat kumur dengan kandungan alkohol. Ganti obat kumur kamu dengan air garam. Air garam telah terbukti ampuh mengatasi gusi berdarah dan melindungi dari bakteri yang dapat menginfeksi gusi.