Cerita Asal-Usul Berdirinya Candi Borobudur dan Pendirinya

08

Okt

Cerita Asal-Usul Berdirinya Candi Borobudur dan Pendirinya

Candi Borobudur

Penting sekali bagi kita mempelajari tentang bab sejarah. Termasuk dengan beberapa ulasan mengenai candi yang ada di Indonesia ini. Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan sebuah nama candi yakni Candi Borobudur. Dimana candi yang satu ini merupakan Candi Buddha yang berada di kota Magelang. Bisa dikatakan candi ini sebagai candi terbesar yang ada di dunia. Kemegahan maupun keagungan candi tak perlu diragukan lagi. Konon kabarnya candi tersebut mulai dibangun semenjak abad yang ke 8 Masehi. Kala itu pembangunan candi berada di bawah pemerintahan dinasti Syailendra.

Asal usul dari Candi Borobudur ini juga masih menjadi sebuah misteri, terkait dengan siapa yang menjadi pendirinya bahkan juga apa lagi terkait dengan tujuan dari pembangunan candi tersebut. Saat ini cerita maupun kisah dari candi tersebut seakan menjadi dongeng rakyat. Ternyata ada sejarah panjang terkait dengan berdirinya Candi Borobudur. Hanya saja sampai sekarang ini masih belum diketemukan bukti tertulis yang menjelaskan tentang siapa yang mmebangun candi tersebut. Dalam perkiraan yang ada, candi tersebut dibangun sekitar tahun 800 masehi.

Tentunya perkiraan waktu tersebut didasarkan atas perbandingan dari jenis aksara yang dituliskan pada kaki tertutup Karmawibhagga dengan jenis aksara yang dipergunakan pada prasasti kerajaan abad yang ke 8 dan 9. Candi Borobudur ini ternyata sudah dibangun pada tahun 760 sampai 830 masehi. Dalam proses pembangunannya ternyata membutuhkan jangka waktu yang lebih lama yakni bisa 75 hingga 100 tahun lamanya. Ketika itu pengerjaan candi benar-benar selesai pada masa pemerintahan seorang raja bernama Samaratungga tepatnya tahun 825 Masehi.

Mengenal Pendiri Candi Borobudur

Pastinya pernah terbesit dalam pemikiran anda tentang siapa yang telah membangun candi Borobudur. Sampai sekarnag ini saja masih belum diketahui keelasannya. Yang pasti candi tersebut dibangun ketika masa jayanya dinasti Syailendra. Bahkan sempat juga belum ada kejelasan mengenai candi akankah termasuk dalam agama Buddha ataukah Hindu. Dari sini pun akhirnya terbeberkan dari dinasti Syailendra yang menganut agama Buddha sebagai aliran dari Mahayana. Hanya saja menurut temuan prasasti Sojomerto memberikan petunjuk jika dulunya memang beragama Hindu Siwa.

Mungkin sedikit rumit memang mengenai candi Borobudur ini. Tetapi akhirnya sudah ada sebuah kesepakatan bersama jika candi Borobudur ini merupakan hasil peninggalan kerajaan Buddha. Dimana pembangunan candi berlangsung hamper bersamaan dengan candi lainnya yang berada di Dataran Prambanan. Tetapi Candi Borobudur ini bisa selesai terlebih dahulu pada tahun 825 Masehi.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai sejarah maupun pendiri dari Candi Borobudur. Semoga saja bisa memberikan tambahan ilmu sejarah untuk anda. Terlebih sampai dengan saat ini candi tersebut masih begitu ramai dikunjungi para wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota sekalipun. Terlebih Candi Borobudur ini kini sudah menjadi tempat wisata yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah. https://kalimat.id.