Bisnis Online dengan Konsep Sosial Commerce Indonesia

12

Nov

Bisnis Online dengan Konsep Sosial Commerce Indonesia

Evermos - sosial commerce indonesia

Dengan kecanggihan teknologi membuat semuanya lebih mudah, Termasuk dalam hal belanja. Sekarang dengan gagdet anda sudah mendapatkan produk yang diinginkan. Tidak perlu datang langsung ke toko dan mencari produk yang ingin dibeli. Buat orang yang biasa belanja online, pasti tidak asing dengan istilah ecommerce. Tapi apakah anda pernah mendengar istilah social commerce indonesia? Mungkin sebagian orang masih asing dengan istilah tersebut. Oleh karena itu kita akan membahasnya lengkap di artikel ini.

Apa Itu Social Commerce

Social commerce merupakan kemampuan untuk melakukan pembelian produk dari perusahaan pihak ketiga di media sosial misalnya anda mencari dan membandingkan produk yang dijual lewat instagram. Kemudian anda melakukan pembelian produk melalui instagram tersebut. Atau setelah mencari di instagram anda mengunjungi website toko online dan melakukan pembelian langsung. Bisa juga anda mempelajari suatu produk lewat twitter dan melakukan pembelian di akun tersebut.

Secara singkatnya, social commerce yaitu adanya transaksi produk dengan menggunakan sosial media. saat ini ada banyak sosial media yang bisa digunakan untuk sosial commerce. Seperti twitter, facebook, instagram atau pinterest. Setiap sosial media memiliki kelebihan dan kekurangan masing. Fitur yang disediakan pun berbeda-beda. Misalnya:

• Facebook
o Unggah produk dan menulis informasi produk
o Menjual produk dari page
o Mengatur katalog toko dengan mudah
o Mengelola order
o Mempromosikan produk lewat iklan produk
o Mendapatkan insight

• Twitter
o Unggah produk dan informasi produk
o Promoted tweets
o Interaksi dengan pelanggan dengan menulis tweet

• Instagram
o Unggah produk dan infromasi produk
o Mengatur katalog dengan mudah
o Menulis hashtag untuk memudahkan mencari produk

Anda bisa memanfaatkan sosial media tersebut untuk mengembangkan sosial commerce. Sehingga produk anda semakin diketahui banyak orang.

Mengapa harus Social Commerce

Di zaman serba digital ini, social commerce menjadi hal yang harus anda pahami. Apalagi banyak orang yang lebih memilih belanja online dibandingkan belanja offline. Para pelanggan lebih tergantung dengan sosial media untuk belanja dibandingkan harus berinteraksi langsung di toko. Oleh karena itu jualan online sekarang tidak sulit. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform yang menguntungkan.

Social commerce memiliki konsep yang sama dengan pasar offline. Mencakup berbagai hal yang dibutuhkan dalam sebuah pasar. Seperti belanja sosial (interaksi sosial), kelompok membeli, retailer, aplikasi mobile, fitur sosial dan integrasikan ke media sosial. Social commerce ini akan terus berkembang dan menjadi pilihan banyak orang untuk belanja produk yang mereka butuhkan. Berikut ini alasan kenapa harus menggunakan social commerce untuk mengembangkan bisnis.

• Membuat pengembangan dan persediaan produk dengan cara cerdas yaitu mengajak pelanggan memilih produk yang ingin dibeli
• Meningkatkan jumlah percakapan brand atau produk
• Memperluas pasar menjual produk sehingga menjangkau banyak pelanggan baru
• Memberikan kemudahan bagi pelanggan menemukan produk yang diinginkan dan brand awareness
• Meningkatkan rekomendasi produk dan ulasan dari pelanggan.

Menggunakan Social Commerce Untuk Meningkatkan Keuntungan

Lalu bagaimana cara menggunakan social commerce untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan.

• Manfaatkan semua media sosial
Ada banyak sosial media yang bisa anda manfaatkan. Seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan lainnya. Jangan hanya fokus di satu sosial media saja. Tapi cobalah untuk menggunakan beberapa social media yang popular. Setiap jenis sosial media memiliki target pasar yang berbeda. Sehingga calon pembeli semakin banyak.

• Buat konten yang menarik dan tidak harus upload produk
Jangan hanya gunakan sosial media sebagai media upload produk atau katalog produk. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk membuat konten yang menarik. Misalnya di twiter, bisa membuat tweet tips atau membahas hal yang berhubungan dengan produk anda. Gunakan sistem storytelling, sehingga semua orang tertarik membaca konten anda. Jika menggunakan youtube, bisa membuat video yang menarik.

Jika anda menggunakan social commerce indonesia. Jangan lupa cantumkan kontak yang bisa dihubungi dan perangkat analitik. Sehingga anda tahu perkembangan di sosial media yang digunakan.

Dan bagi Anda yang ingin memanfaatkan social commerce untuk mendapatkan keuntungan jadilah reseller indonesia.